Bagaimana Gejala Umum Penyakit Asma?

December 13, 2019 by No Comments

Asma adalah penyakit kronis yang memberikan masalah di saluran udara. Penderita asma umumnya mengalami peradangan yang tahan lama dan perlu penanganan. Saat asma terjadi, juga disebut asma kambuh atau serangan asma yang dapat terjadi kapan saja. Gejala ringan mungkin hanya berlangsung beberapa menit sementara gejala asma yang lebih parah dapat berlangsung berjam-jam atau berhari-hari.

Penderita asma memiliki gejala ketika saluran udara menyempit (bronkospasme), bengkak (meradang), atau penuh dengan lendir. Gejala umum penyakit asma meliputi : batuk, terutama di malam hari, sesak napas, kesulitan berbicara, sesak dada, nyeri, atau wajah pucat dan berkeringat, bernafas cepat. Tidak setiap orang dengan asma memiliki gejala yang sama dengan cara yang sama. Anda mungkin tidak memiliki semua gejala ini, atau Anda mungkin memiliki gejala yang berbeda pada waktu yang berbeda. Gejala-gejalanya juga bervariasi dari satu episode asma ke yang berikutnya, menjadi ringan selama satu dan parah selama yang lain.

Beberapa orang dengan asma mungkin telah bebas gejala, tetapi terganggu oleh episode asma berkala, sementara yang lain memiliki beberapa gejala setiap hari. Selain itu, beberapa orang dengan asma mungkin hanya memiliki gejala selama berolahraga, atau ketika mereka terkena alergen atau infeksi saluran pernapasan virus.

Episode asma ringan umumnya lebih umum. Biasanya dengan perawatan, saluran udara terbuka dalam waktu singkat. Episode parah jarang terjadi, tetapi berlangsung lebih lama dan membutuhkan bantuan medis segera. Penting untuk mengenali dan mengobati bahkan gejala ringan untuk membantu mencegah episode parah dan menjaga asma tetap dalam kontrol yang lebih baik.

Serangan asma mungkin ringan, tetapi bisa menjadi sangat berbahaya dengan cepat. Selama serangan,  saluran udara menjadi bengkak dan meradang. Otot-otot di sekitar saluran udara secara bersamaan berkontraksi dan menghasilkan lendir ekstra, menyebabkan saluran bronkial menyempit. Kondisi ini membuatnya sangat sulit untuk bernapas dengan benar.

Sementara serangan asma bisa sangat serius, mengobati gejala dengan cepat di rumah dapat membantu mencegahnya agar tidak meningkat. Ada beberapa perawatan di rumah yang bisa efektif dalam keadaan darurat.

Gejala umum penyakit asma serius dan bisa mematikan jika tidak diobati. Jika Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala ini, kunjungi ahli alergi untuk diagnosis – dan kemudian kembangkan rencana aksi asma.

Gejala Asma pada Anak

Sebagian besar anak-anak dengan asma memiliki gejala sebelum mereka berusia 5. Pada anak-anak yang sangat muda, mungkin sulit bagi orang tua, dan bahkan dokter, untuk mengenali bahwa gejalanya disebabkan oleh asma. Tabung bronkial pada bayi, balita dan anak-anak prasekolah masih kecil dan sempit, dan pilek, pilek dada, dan penyakit lainnya dapat menyumbat saluran udara ini, menjadikannya lebih kecil dan lebih teriritasi.

Gejala-gejala asma pediatrik dapat berkisar dari batuk yang mengganggu yang menetap selama berhari-hari atau berminggu-minggu hingga keadaan darurat pernapasan yang tiba-tiba dan menakutkan.

Gejala umum penyakit asma pada anak yang harus diperhatikan termasuk:

Anak Anda mungkin hanya memiliki satu dari gejala ini atau beberapa di antaranya. Anda mungkin berpikir itu hanya pilek atau bronkitis. Jika gejalanya berulang, itu adalah petunjuk bahwa anak Anda mungkin menderita asma. Selain itu, gejala dapat memburuk ketika anak Anda berada di sekitar pemicu asma, seperti iritasi di udara (asap atau bau yang kuat, misalnya) atau alergen seperti serbuk sari, bulu hewan peliharaan dan tungau debu.

Sumber :

https://acaai.org

https://my.clevelandclinic.org

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *